Oct
19
2011

Diagram Arus Data (Data Flow Diagram)

Diagram Arus Data (Data Flow Diagram)

Data Flow Diagram adalah “Teknik grafis yang menggambarkan aliran informasi dan perubahan yang dipergunakan sebagai perpindahan data dari masukan (input) ke keluaran (output)”.  (Roger S Pressman, 1997).

Beberapa simbol yang digunakan di DFD untuk maksud mewakili.

  1. External entitiy (kesatuan luar) atau boundary (batas sistem), merupakan kesatuan (entity) dilingkungan luar sistem yang dapat berupa orang, organisasi atau sistem lainnya yang berada dilingkungan luarnya yang akan memberikan input atau menerika output dari sistem.  Disimbolkan dengan suatu notasi kotak
  2. Data flow (arus data), di DFD diberi simbol suatu panah.  Arus data ini mengalir dintara proses (process), simpanan data (data store) dan kesatuan luar (external entitiy).  Arus data ini menunjukkan arus dari data yang dapat berupa masukan untuk sistem atau hasil dari proses sistem.  Didalam menggambar arus data di DFD perla diperhatikan beberapa konsep, yaitu:
    1. Konsep paket dari data (packet of data), bila dua atau lebih data mengalir dari suatu sumber yang sama ke tujuan yang sama, maka harus dianggap sebagai suatu arus data yang tunggal.
    2. Konsep arus data menyebar (diverging data flow), arus data yang menyebar menunjukkan sejumlah tembusan dari arus data yang sama dari sumber yang sama ke tujuan yang berbeda.
    3. Konsep arus data mengumpul (converging data flow), arus data yang mengumpul menunjukkan beberapa arus data yang berbeda dari sumber yang berbeda bergabung bersama-sama menuju ke tujuan yang sama.
    4. Konsep sumber dan tujuan arus data, semua arus data harus dihasilkan daru suatu proses atau menuju ke suatu proses (dapat salah satu atau kedua-duanya).
  3. Process (proses).  Suatu proses adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yang masuk ke dalam proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar dari proses.

Data store (simpanan data), merupakan simpanan dari data yang dapat berupa suatu file atau database, suatu arsip atau catatan manual, suatu agenda atau buku.

Comments are closed.